Ujong Kareung 2

Pantai Ujong Kareung

Ujong Kareung 1Pantai Ujong Kareung merupakan pantai yang terletak di ujung Selatan Kota Meulaboh. Ujong Kareung sendiri diambil dari Bahasa Aceh yang dalam Bahasa Indonesia berarti ujung karang. Nama tersebut sesuai dengan lokasi pantai yang memang berada di ujung Kota Meulaboh dan dipenuhi oleh karang.

Secara administratif, Pantai Ujong Kareung masuk kedalam wilayah Gampong Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan. Pantai ini berjarak sekita  r 1,5 km dari jantung Kota Meulaboh dan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai di lokasi pantai. Melihat sejarahnya, Pantai Ujong Kareung dijadikan sebagai tempat pertahanan oleh para penjajah pada masa perang dahulu. Hal ini terlihat dari bangunan Benteng Jepang yang masih berdiri kokoh di pinggir pantai. Sebelum peristiwa Tsunami, kawasan Ujong Kareung ini merupakan komplek perumahan TNI/Polri. Hingga pada 26 Desember 2004, pantai ini menjadi saksi bisu betapa dahsyatnya Gelombang Tsunami menerjang kawasan Pantai Barat Aceh. Hingga saat ini, masih tersisa beberapa bangunan peninggalan tsunami yang dapat Anda lihat seperti Gedung Makorem 012/Teuku Umar dan mercusuar.

Ujong Kareung 3Setelah tsunami, korban-korban tsunami dimakamkan di Kuburan Massal yang dibangun di sekitar lokasi pantai. Setelah musibah Tsunami berlalu dan sedikit demi sedikit warga Meulaboh mulai melupakan trauma terhadap laut, pantai yang menjadi tempat favorit bagi warga Meulaboh ini sering dijadikan sebagai tempat pemandian terutama pada saat akhir pekan yaitu hari Sabtu dan Minggu. Selain itu, banyak juga warga yang berkunjung ke pantai ini untuk sekedar bersantai menikmati suasana pantai dan ada pula beberapa warga yang datang ke pantai ini untuk memancing.

Deru ombak, hembusan angin sepoi-sepoi, cukup membuat Anda sejenak melupakan masalah hidup yang sedang dihadapi. Anda juga dapat mencicipi kelapa muda, jus buah, dan beberapa jenis makanan yang dijual di beberapa cafe pinggir laut, seperti mie yang dimasak dengan bumbu Aceh, rujak buah, dan lain sebagainya. Bila beruntung mengunjungi pantai ini disaat cuaca cerah, Anda akan disuguhkan sebuah pemandangan yang merupakan lukisan alam yang sangat cantik yaitu matahari terbenam dengan paduan warna biru langit senja dan kuning kemerahan di kaki langit. Apabila Anda seorang yang suka fotografi, maka jangan lupa untuk ikut serta memboyong kamera Anda apabila mengunjungi pantai ini. Karena akan banyak sekali objek yang bisa anda potret, dan tentu saja salah satunya adalah memotret momen matahari terbenam seperti yang saya lakukan. Mari tunjukkan kekayaan dan keindahan Aceh pada dunia! #Acehituindah

Posted in Wisata Aceh, Aceh, Aceh Barat, Meulaboh and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *