Reusam Island #1

Pulau Reusam

Pulau Reusam merupakan sebuah pulau kecil nan indah di seberang pesisir Pantai Barat Aceh. Pulau ini memiliki pantai dengan pasir putih yang bersih dan birunya laut yang jernih. Selain itu, Pulau Reusam juga memiliki keindahan bawah laut yang siapun tak akan menyangka keindahannya dan lokasi ini bahkan digadang-gadang akan menjadi tujuan wisata bahari alternatif di Aceh setelah Pulau Sabang. Selain pantai dengan pasir putih, sebagian lainnya dari Pulau Reusam dikelilingi oleh bukit bebatuan. Bebatuan ini menampilkan keindahan tersendiri untuk melengkap ikeindahan lainnya yang dimiliki oleh pulau ini. Susunan karang-karang  yang indah pada sisi lain pulau ini juga makin menambah daya tarik untuk tak melewatkan Pulau Reusam sebagai salah satu destinasi wisata akhir pekan.

Pulau Reusam

Secara administratif, Pulau Reusam masuk dalam Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh. Jika Anda ingin mengunjungi pulau ini, Anda dapat menumpang kapal nelayan yang berangkat dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Jika anda membawa kendaraan, anda dapat memarkirkannya di dalam area TPI. Tempat Pelelangan Ikan berada di kawasan rest area Rigaih Kabupaten Aceh Jaya. Waktu yang dibutuhkan untuk menyeberang ke Pulau Reusam dengan kapal nelayan hanya sekitar 15 menit. Jika anda melakukan perjalanan dari Kota Banda Aceh, memakan waktu kurang lebih 2,5 jam perjalanan darat untuk mencapai rest area ini, baru kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan kapal nelayan.

Reusam Island #3

Berwisata ke Pulau Reusam masih terhitung sangat murah, saat terakhir Rahjaroe mengunjungi pulau ini, biaya yang dikeluarkan hanya sekitar 30 ribu rupiah per orang dan dibayarkan kepada pemilik kapal. Biaya tersebut sudah termasuk biaya antar jemput. Fasilitas yang ada di Pulau Reusam memang masih belum memadai untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Hanya terdapat satu sumur yang disekat dan digunakan sebagai tempat membilas setelah berenang di laut, dan juga satu buah gazebo yang digunakan sebagai mushalla. Namun seiring waktu, Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Jaya berniat untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Pulau Reusam. Hal tersebut terbukti dengan telah dibukanya penyeberangan 24 jam dari dan ke Pulau Reusam. Hal ini memungkinkan wisatawan apabila hendak bermalam dengan berkemah di Pulau Reusam. Perlahan fasilitas penunjang sebagai tempat wisata akan terus dibangun demi meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Reusam.

Bagaimana, apakah rakan Rahjaroe tertarik untuk mengunjungi Pulau Reusam? Hal terpenting yang harus diingat ketika berwisata ke alam terbuka adalah nikmatilah keindahan alam tanpa merusak kelestariannya. Salah satunya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan, karena itu gak asik!

Mari piknik biar asik!

Posted in Wisata Aceh, Aceh Jaya and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *