jantang-bay-3

Teluk Jantang

Teluk Jantang merupakan sebuah teluk yang diapit oleh dua bukit di sisi kanan dan kiri. Teluk ini memiliki pantai yang cukup memanjakan mata dan sangat cocok untuk bersantai melepas lelah bersama teman-teman. Teluk ini terletak di Gampong Jantang Meunasah Krueng Kala Pasie, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar. Teluk Jantang terletak di Sisi Barat dari Gampong ini. Lokasi Teluk Jantang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Banda Aceh melewati jalur Barat-Selatan. Perjalanan dari Banda Aceh menuju Jantang akan melewati dua gunung yaitu Gunung Paro dan Gunung Kulu yang juga menawarkan pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

teluk-jantang

Lokasi Teluk Jantang tidak berjarak terlalu jauh dari jalan lintas Barat-Selatan Aceh. Setelah memasuki jalan yang mengarah ke pantai sekitar 200 m, maka selanjutnya kita tinggal menyusuri jalan di pinggiran pantai hingga sampai di kaki bukit. Bagi Anda yang baru pertama kali ke lokasi ini tidak usah khawatir, karena akan ada warga sekitar yang bersedia untuk mengantarkan Anda sampai ke tempat memarkirkan kendaraan, tentunya dengan memberikan biaya parkir. Pada saat ke tempat ini, saya memberikan selembar Rp 5000 sebagai biaya parkir untuk warga yang mengantar.

Setelah memarkirkan kendaraan, maka selanjutnya kita harus menyeberangi muara sungai untuk menuju bukit yang mengapit Teluk Jantang. Tidak perlu khawatir, karena muara tersebut adalah muara yang dangkal dan bisa diseberangi hanya dengan berjalan kaki. Selanjutnya kita akan bertemu dengan bukit kecil dan sedikit harus mendaki untuk mencapai lokasi teluk. Jalan untuk mendaki bukit tersebut sudah dibuat oleh warga sekitar sehingga memudahkan kita untuk mendaki. Begitu tiba si seberang bukit, kita akan langsung bisa melihat keindahan Teluk Jantang. Selanjutnya hanya tinggal menuruni bukit dan melewati sedikit semak-semak serta rerumputan sebelum akhirnya menginjakkan kaki di pasir pantai.

teluk-jantang

Seperti halnya ketika kita mengunjungi tempat wisata lainnya, waktu yang tepat untuk mengunjungi Teluk Jantang adalah pada saat cuaca cerah. Karena cuaca cerah akan memaksimalkan kita ketika mengambil gambar sehingga terlihat menarik. Banyak spot-spot yang bisa dieksplor ketika mengambil gambar. Waktu yang tepat untuk mengambil gambar adalah dari siang hingga sore hari, karena teluk ini menghadap ke Arah Baratsehingga akan mendapatkan pencahayaan yang pas pada waktu-waktu tersebut.Salah satu spot yang menjadi favorit pengunjung Teluk Jantang adalah spot dari atas bukit sehingga tampak jelas keindahan pantai dengan air laut yang jernih.

Tertarik mengunjungi Teluk Jantang? Jangan lupa persiapkan kamera Anda, dan ingat jangan buang sampah sembarangan, karena itu gak asik!

Posted in Wisata Aceh, Aceh Besar and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *